Senin, 21 Maret 2011

Berburu Buku Murah di Bazar Buku (Post November 2010)

Yang ini bukan bekas, tapi Mamaku tetap saja memburunya begitu mendapatkan info atau melihat spanduk pengumumannya di jalan. Ya, bazaar buku murah selalu dinanti oleh Mamaku. Namun belakangan ini Mamaku hanya mau buku-buku berbahasa Indonesia yang didiskon 50% ke atas, alhasil bila di suatu Toko Buku memasang iklan buku diskon 25% atau 30% jangan harap menemui Mamaku di sana.

     Biasanya buku-buku yang bagus-bagus di bazar buku terutama Bazar Buku Gramedia yang diiklankan besar-besaran diborong habis orang-orang di hari pertama. Mereka terutama dari kalangan guru sekolah, penjual buku eceran dan pecinta buku. Karena itu bila ada bazar buku, janganlah berharap mendapat buku bagus bila tidak datang di hari pertama di awal-awal acara. Di Bazar Buku Gramedia biasanya tersedia buku-buku aktivitas Ori dan majalah Winnie the Pooh dan buku-buku mewarnai lainnya hanya seharga Rp.2500,-  – Rp. 5000,-, inilah yang diburu orang tua, pengajar dan lembaga-lembaga pendidikan. Buku-buku cerita seperti Agatha Christrie pernah dijual hanya Rp. 5000,- yang diburu oleh pedagang buku kecil dan biasanya dijual kembali di kios-kios mall seharga Rp. 15.000,- masih separuh dari harga buku baru Agatha Christie.

     Mamaku bahkan pernah datang di hari pertama Bazar Buku Gramedia dan membelikan aku setumpuk buku aktifitas seharga hanya Rp 2500,- per bukunya. Juga pernah mendapat buku cerita karangan Madonna lengkap dengan sampul hardcover seharga Rp. 5000,- per bukunya. 25 buah Buku Little Grammar Book terbitan Pelangi hanya seharga Rp. 2000,- per bukunya, padahal Mamaku biasanya tidak suka membeli buku grammar, dia lebih suka buku cerita.

1. Suasana bazaar buku murah Gramedia yang dipenuhi Bunda-bunda demi buah hatinya.



2. Buku-buku karangan Madonna – searah jarum jam : Mr. Peabody’s Apples; The adventures of Abdi; Yakov and the Seven Thieves; The English Roses; Lotsa de Casha. Kisah-kisahnya sarat muatan dan dilengkapi gambar-gambar yang sangat indah.

3. Buku-buku Little Grammar Books terbitan Pelangi ini dipenuhi gambar-gambar berwarna. Mamaku hampir memiliki semua judulnya hanya dari bazar murah.
4. Buku-buku serial Flower Fairies Friends ini bisa didapat di bazaar murah dengan harga hanya sekitar Rp. 2500 – Rp. 5000,- saja.)

     Anehnya Mamaku tidak tertarik berjualan buku-buku cerita yang didapatnya dengan harga murah. Hanya untuk koleksi, katanya dan Mama hanya akan menjual bila 75% orang Indonesia adalah maniak buku. Hah ?

     Entah sampai kapan fenomena Bazar Buku Murah ini akan berlangsung. Di Surabaya Bazar Buku Murah mulai menjadi trend mulai sekitar tahun 2006 hingga saat ini … .

     Nasehat Mamaku, janganlah datang pada bazar buku murah bila Kamu terlambat mengetahuinya. Datanglah di awal bila menghendaki menemukan beberapa buku bagus … .

1 komentar: