Jumat, 18 Maret 2011

Berburu Mainan Bekas ! (Post : Februari 2011)

Bunda, pernah membeli mainan bekas ? Bagaimana pendapat Teman-teman ?

Kalau bagi aku sih, wah, asyiknya itu bila kita mendapatkan mainan bagus di antara bertumpuk-tumpuk mainan bekas ! Serasa menemukan harta karun loh ! Bagi Mamaku sih ini berarti penghematan. Ternyata Mamaku juga suka mencari mainan bekas buatku. Aku memang nomor satu ! Yang dicari Mamaku mainan puzzle, lego, dll. Sambil terus berharap suatu saat nanti aku akan menyukainya. Menurutku itu sih bagiannya adikku – si Kennard.

Tahukah Teman-teman surga mainan bekas di Indonesia ? Di Batam ! Tepatnya yang terbanyak di Pasar Loak Aviari di daerah Batu Aji – Batam. Siapa yang tidak ngiler, melihat mainan yang biasa di mal bisa mencapai ratusan ribu, di sini cuman seharga 10rb-20rb? Model kit misalnya, seperti Gundam atau robot-robot sejenisnya, di sini cuma 20rb-an. Lego yang masih komplit, cuma 50-70rb, tergantung besarnya juga ya. Untuk kolektor mainan Happy Meal dari McD, wah disini buanyak banget! Dari Burger King juga ada. Boneka-boneka juga tidak ketinggalan. Emang sih barang second/bekas, makanya kudu pinter-pinter milihnya. Tapi kalo sudah dicuci, bisa keliatan baru. Memang mainan yang berharga layaknya harta karun, tidak setiap kali tersedia. Kita harus jeli melihat diantara tumpukan-tumpukan yang ada. Kalau teman-teman di Batam, selaku pelanggan tetap, mereka sudah booking mainan pilihan ke penjualnya. Misalnya kalo kebetulan kiriman lego dateng, tolong disimpen dulu. Benar-benar deh, mereka bisa spend seharian bongkar-bongkar mainan, meskipun daerah Batu Aji ini puanasnya minta ampun ! Banyak orang Jakarta juga khusus datang ke Batam untuk berburu Lego.
 
Tampak Pasar Aviari di Batam dan Suasana Lapak Mainan Bekas di Salah Satu Sudutnya.

Selidik punya selidik ternyata mainan-mainan ini asalnya dari Singapura. Kebiasaan orang Singapura  di tahun baru selalu membuang sebagian besar barang-barang mereka dan mengganti dengan yang baru itu benar-benar menguntungkan bagi kita. Tetapi ternyata banyak juga yang kuatir karena sempat Mamaku baca di Jawa Pos pertengahan tahun 2010 mengenai barang-barang bekas dari Singapura dihanguskan oleh aparat di Batam. Karena itulah di Mirota (di Lantai 2) – Surabaya mainan-mainan bekas ini diganti dengan mainan baru sekarang, meskipun masih ada beberapa sisa (aku ke sana terakhir Januari 2011). Ya ! ternyata di Mirota (di Lantai 2) - Surabaya sempat dijual loh mainan bekas dari Batam. Pertengahan 2010 masih bagus-bagus sekali barangnya. Dari info beberapa penjual di Batam, mereka punya koneksi beberapa di Pulau Jawa Barat, Jawa Tengah dan jawa Timur untuk menjual barang-barang bekas mereka, banyak permintaan kata mereka. Jadi Teman-teman yang tahu tempat jual mainan bekas bisa saling tukar info di sini.



Beberapa Koleksi Maian Bekas Hasil Hunting Mamaku dari Pasar Aviari – Batam & Mirota – Surabaya
Semua Puzzle Dicheck Lengkap oleh Mamaku Sendiri di Tempat Penjualan.
Di Surabaya sendiri sudah terdapat toko jual-beli-sewa mainan bekas misalnya :
  1. Toys4Rent – City of Tommorow Mall.
Cara lain untuk mendapatkan mainan bekas adalah mencari dan membelinya lewat Ebay, namun karena harga yang lebih mahal aku anjurkan untuk mencari mainan lewat Ebay hanya yang susah/tidak ada di Indonesia. Tipsnya adalah pastikan untuk membeli dari Top Seller di Ebay untuk lebih amannya dan biasanya mereka lebih berpengalaman untuk menigirim lintas benua. Pastikan juga si Seller mendiskripsikan barang kiriman sebagai “gift” atau “used/secondhand item” dan total akhir nge-bid plus ongkos kirim tidak lebih dari $50 agar tidak kena charge tambahan dari kantor pos Indonesia atau malah Kita yang diminta datang mengambil di kantor pos pusat. Bila tidak lebih dari $50 paling kita hanya kena charge Rp. 7000 – 10000 dari petugas pos yang mengantar ke rumah kita.

Bunda punya info atau cara lain untuk berburu mainan bekas ? Ayo tukeran info di sini … .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar