Jumat, 18 Maret 2011

Website Learning untuk Anak Paling Heboh

Bingung cari materi untuk learning anak ? Mamaku paling getol mencarinya sewaktu dia hamil aku 7 bulan sehingga sudah mulai takut menyetir mobil. Alhasil dia mendekam di rumah dalam kebosanan dan sibuk mencari apa saja yang bisa dikerjakan di rumah untuk mempersiapkan kedatanganku. Salah satunya sih dengan mencari materi learning anak di internet. Ini hasilnya :


  1. Learning Page http://www.learningpage.com/

Banyak sekali materi learning anak yang bisa didapat di website ini, bahkan ada Monthly Sheets yang selalu baru. Yang membuat website ini aku letakkan di urutan nomor satu dibanding Reading a-z adalah karena semuanya GRATIS (Ini yang disukai orang Indonesia kan ?). Gambar-gambarnya banyak dan oke punya. Mamaku paling suka dengan Tommy Tales – cerita bersambung yang menarik banget.

  1. Reading a – z http://www.readinga-z.com/


Ada ribuan materi learning di sini, masalahnya kita mesti merogoh kantong sekitar Rp. 700.000,-/tahun untuk menjadi member. Mamaku sewaktu hamil aku 7 bulan nekat menjadi membernya selama setahun dan setiap hari download materi sehingga materi 2006 berhasil ter-download semua. Tapi Mamaku tidak mau membagikan materi ini karena ada restrictionnya katanya. Apa itu aku tidak tahu. Banyak gambar di setiap materinya dan oke punya banget. Bahkan ada materi buku cerita Tommy Tales dan The Monsters yang ternyata sangat bagus serta materi untuk teater. Website ini jelas dikelola ahlinya dan selalu ter-update karena materinya selalu bertambah. Ada 7 Days FREE Trial http://www.learninga-z.com/special/summertrial/ yang bisa dipakai untuk mendownload beberapa materi dan ingat-ingat saat Teacher appreciate Day di Amerika – biasanya mereka membuka website GRATIS untuk umum selama 7 hari ! (Bunda bisa diingatkan bila meminta  eNewsletter dan Special Updates mereka). Website ini sudah sedemikian berkembang hingga memiliki materi lain dalam :
- Science a – z http://www.sciencea-z.com/
- Vocabulary a – z http://www.vocabularya-z.com/
- Writing a – z http://www.writinga-z.com/

  1. Canon Creative Park  http://cp.c-ij.com/en/

Suka Papercraft ? Mamaku yang designer grafis (mungkin ini termasuk pekerjaan mengumpulkan sampah untuk yang bagus-bagus memenuhi rumah menurutku) suka memelototi website ini untuk mencari ide. Banyak materi Pepakura/Paper Craft dan Pop Up Card yang bagus-bagus di sini.


4. International Children’s Digital Library www.childrenslibrary.org


Mau baca buku cerita di intenet yang discan komplit halamannya temasuk cover depan dan cover belakang ? Ini dia tempatnya. Lagi-lagi banyak yang GRATIS, bisa didownload, beberapa berupa file .jpeg besar yang bisa Kamu print di rumah, beberapa tidak, dan beberapa hanya bisa dilihat setelah Kamu mendownload software tertentu. Jadi mesti membaca dulu keterangannya dengan baik, sehingga Kamu nggak terlanjur meng-klik dan masuk ke halaman yang menawarkan Kamu download suatu software yang Kamu belum punya. Aku paling suka dua cerita ini oh dari perburuan Mamaku tahun 2008 :

- The Duck in the Gun (Sayangnya resolusinya agak kecil – tidak bisa diprint tapi ceritanya sangat bagus dan lucu)

- Judge Rabbit and the Tree Spirit by Lina Mao Wall (Lumayan besar loh resolusinya bisa diprint)



Suka hadiah-hadiah aktivitas majalah Donal Bebek ? Ini dia website yang mengumpulkan dan menyebarkan GRATIS gameboard, pepakura dan aktivitas lainnya dari majalah Mickey Maus, sayangnya semuanya berbahasa Jerman – jadi silahkan berpusing-pusing ria – tapi banyak kok yang bisa dimengerti terutama untuk pepakuranya. Mamaku dan temannya sedang berusaha menerjemahkan SEMUA dalam bahasa Indonesia/Inggris. Tapi itu butuh waktu laaamaaa tentunya yang bakal membuat banyak kerjaan Mamaku tambah “hangat-hangat tahi ayam”. Mamaku memang maniak dalam kerajinan tangan, yang untunglah ada aku – dewa penyelamat yang diutus Tuhan untuk menyeimbangkan keadaan. Ibaratnya aku adalah Luke Skywalker dan Mamaku adalah Anakin Skywalker masa kini (ini kan bukan jaman perang bintang) tapi cewek.



Mamaku sangat memaksa untuk memasukkan link ini dalam blogku. Bagus - daripada lembar mewarnai di pasaran katanya. Padahal menurutku gambar lembar mewarnainya sangat membosankan, tidak ada lucu-lucunya, persis lukisan naturalis Mamaku yang menurutku membosankan, ngapain kita melukis wajah orang padahal kita bisa memotretnya langsung, ya nggak ?

6. link dulu saja ya Bunda, yang lainnya masih rahasia ! 6 ini yang paling top deh ! Kalo ada masukan posting saja di sini. Makasih … .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar